1.2k tayangan
oleh
SMADAV

1 Jawaban

oleh (47.5k poin) 1 tanda
Pertama, kemungkinan PC anda terlalu sibuk, hal bisa terjadi karena ada program lain yang menggunakan sumber daya PC anda terlalu banyak. Misalnya ada program yang terlalu banyak menggunakan RAM atau Processor.

Saat proteksi Smadav diaktifkan, Smadav akan bekerja secara real-time (terus-menerus), yang berarti Smadav akan memeriksa setiap file/folder yang ada di PC anda, baik ketika sedang di eksekusi (dijalankan/dibuka) atau pun ketika anda membuka sebuah folder.

Teknik perlindungan yang saat ini diterapkan Smadav memerlukan penggunaan Disk yang cukup banyak, hal ini karena Smadav melakukan pencarian file/folder dengan cepat. Jika anda membuka sebuah folder yang berisi ribuan file atau folder yang isinya sampai bergiga-giga, Smadav akan mengecek setiap file yang ada didalam folder tersebut, sehingga meningkatkan penggunaan Disk.

Jika pada saat Smadav sedang mengecek file dan ada program yang lain yang sama-sama memiliki penggunaan Disk yang cukup banyak (misalnya ada program yang sedang menyimpan file sampai ratusan MB), otomatis proses pencarian file akan berjalan lebih lambat sehingga menyebabkan Smadav not responding.

Selain Disk, penggunaan RAM yang terlalu banyak oleh program lain (seperti Web Browser, Video Editing) juga bisa menyebabkan Smadav not responding. Sama seperti program lain, Smadav menyimpan sementara data yang akan dicek di dalam RAM, jika penggunaan RAM terlalu banyak, kecepatan akses data di dalam RAM akan menurun dan menyebabkan Smadav not responding. Karena jika kecepatan menurun, berarti Smadav harus 'menunggu' sampai data yang dibutuhkan bisa diberikan oleh Windows.

Ketiga, terlalu banyak proses yang berjalan (hal ini masih berhubungan dengan penggunaan RAM), saat Smadav melindungi PC anda, tidak hanya file/folder yang akan dicek, setiap proses (aplikasi) yang sedang berjalan di PC anda juga akan dicek oleh Smadav. Karena jika Smadav tidak memeriksa proses yang sedang berjalan, virus komputer yang berjalan menggunakan proses lain (virus yang 'menumpang' di aplikasi lain agar bisa tetap berjalan) akan dengan mudah menginfeksi PC anda (terlebih lagi jika virus 'menumpang' di proses Windows). Contoh virus yang 'menumpang' adalah Annie dan Alice (memanfaatkan Windows Script).

Keempat, kurang kompatibel/cocok. Jika Smadav kurang cocok dengan sistem anda, Smadav akan sedikit 'kesusahan' saat sedang berjalan.
oleh (600 poin)
Dear Layanan  Smadav,

Apakah solusi masalah diatas selain dengan mengurangi jumlah aplikasi yang dibuka adalah juga seperti petunjuk dibawah ini

http://dika012.blogspot.de/2013/03/cara-mengatasi-smadav-yang-has-stopped.html
atau
https://heroesman.blogspot.de/2014/12/mengatasi-smadav-yang-not-responding.html

Yang saya lakukan adalah add, dua file,  spt dibawah ini

https://www.sendspace.com/file/whfiqk


Best
oleh (47.5k poin)
Ya, itu juga bisa mengatasi Smadav yang crash.

Bila masih ada masalah setelah cara-cara tersebut Anda lakukan, laporan kembali.

Terima kasih.
oleh (600 poin)
Terimakasih, semetara ini belum ada masalah

Salam bebas virus.


Best,
Selamat datang, disini Anda dapat bertanya segala hal tentang penggunaan Antivirus Smadav, konfirmasi pembelian/pembayaran, lupa key, konsultasi virus, pencegahan dari virus ransomware dan virus iklan, kesalahan program (bug), kritik/saran, tips & trik, dll.

Pertanyaan akan diusahakan dijawab langsung oleh Tim Smadav

Kategori

...