1.4k tayangan
oleh (123k poin) 1 tanda
ditutup oleh

Setiap kali Smadav melakukan Update, beberapa Antivirus Luar ada yang mendeteksinya sebagai virus/program berbahaya. Apakah Smadav bisa memperbaikinya? Tidak bisa.

Setiap Antivirus hanya bisa memperbaiki kesalahan deteksi mereka sendiri. Tetapi mereka tidak bisa dirombak agar tidak terdeteksi virus oleh yang lain dikarenakan setiap Antivirus mempunyai keunikan Database tersendiri yang tentu menjadi rahasia perusahaan. Merombak program agar lolos dari pendeteksian mereka sama artinya dengan belajar memahami bagaimana algoritma pendeteksian mereka.

Jadi, apabila Smadav terdeteksi sebagai virus, Anda bisa membantu kami dalam melaporkan False Detect ke Vendor Antivirus yang sedang Anda pakai tersebut, agar bisa diperbaiki oleh mereka dan tidak akan mendeteksi Smadav sebagai virus pada Update berikutnya.

Selagi menunggu hasil, Anda bisa memasukkan Smadav ke dalam Daftar pengecualian (Exception/Exclusion List) Antivirus yang sedang Anda gunakan. Jika tidak tahu caranya, Anda bisa mencarinya lewat Google atau bertanya langsung kepada Vendor Antivirus yang Anda pakai (via Email ataupun Forum mereka).

Dengan dimasukkan ke dalam daftar pengecualian, Antivirus utama Anda tidak akan lagi mendeteksi Smadav sebagai virus. Lokasi folder Instalasi Smadav yang perlu di-Exclude/dikecualikan adalah: C:\Program Files\Smadav ataupun C:\Program Files(x86)\Smadav.

Bagaimana jika Antivirus Luar mencekal/memblok Smadav pada saat melakukan download installer maupun saat melakukan update, tanpa sempat diinstall? Solusinya matikan sementara Antivirus Luar Anda dan coba download ulang, lalu install lagi Smadav nya. Setelah itu nyalakan kembali Antivirus Anda.

ditutup dengan catatan: For Tutorial Only
Selamat datang, disini Anda dapat bertanya segala hal tentang penggunaan Antivirus Smadav, konfirmasi pembelian/pembayaran, lupa key, konsultasi virus, kesalahan program (bug), cara penggunaan, kritik/saran, dll.

Pertanyaan akan dijawab langsung oleh Tim Smadav

Kategori

...